FREQUENTLY ASKED QUESTION ABOUT VAPOR



Frequently Asked Question – F.A.Q

Written by – Hedi Yanuardi

Saya membuat tulisan ini bagi para newbie dikarenakan banyak yang menanyakan “ini udah siap ngebul belum?” Saya mencoba menyederhakan semampunya. Mohon bagi para newbie berkenan untuk membaca terlebih dahulu agar menghindari salah beli dan menghindari kebingungan saat bertanya kepada kami.
Terima kasih bagi juragan Smart Buyer yang sudah membekali diri dengan pengetahuan  sebelum membeli atau bertanya kepada kami.
Q : Ini udah siap ngebul belum?
A : Diperlukan 4 komponen utama apabila hendak membeli vaporizer “siap ngebul”, inilah yang perlu diperhatikan pada deskripsi produk sebelum memutuskan untuk membeli :
  1. Mod sebagai media penghantar daya
    • Electrical Mod memiliki komponen elektrik (chip) untuk mengatur output daya yang keluar
    • Mechanical Mod tidak memiliki komponen elektrik sama sekali
    • Dalam electrical Mod, terdapat beberapa fitur-fitur tambahan tergantung pada mod, mis : variable watt pada iStick Pico tidak dimiliki Ego AIO.
    • Beberapa Mod memiliki bundling atomizer, biasanya meiliki embel-embel Kit.
    • Beberapa Mod terintegrasi dengan Atomizer, biasanya memiliki embel-embel AIO
  1. Baterai sebagai sumber daya
    • Baca keterangan mod untuk mengetahui baterai yg dibutuhkan
    • Ukuran baterai yg umum digunakan : 18650 dan 26650
    • Mis : Wismec RX200S (3×18650), iStick Pico (1×18650)
    • Ada beberapa mod sudah menyertakan baterai didalamnya (built-in Battery) Mis: Ego AIO
  1. Atomizer sebagai penampung dan pemanas liquid
    • Coil sebagai pemanas liquid, dapat berjenis rebuidable (wajib buat coil sendiri menggunakan kawat dan kapas secara rutin) atau non rebuildable (wajib membeli coil jadi secara rutin)
    • Coil memiliki satuan ohm. Makin kecil ohm, makin besar power. Ohm besarnya konstan tergantung kawat / coil yang digunakan, tidak dapat diubah dari mod.
    • Dalam rebuildable tank, terdapat beberapa sistem penampungan liquid, yaitu RDA (sistem tetes) atau RTA (sistem tampung)
    • Dalam non-rebuildable tank, hampir semuanya menggunakan sistem tank (sistem tampung)
    • Beberapa Mod memiliki bundling atomizer, biasanya meiliki embel-embel Kit.
    • Beberapa Mod terintegrasi dengan Atomizer, biasanya memiliki embel-embel AIO
  1. E-Liquid sebagai “bahan bakar” untuk menghasilkan uap
    • Harga dan rasa dari liquid sangat variatif, tentunya tergantung pada bahan yang digunakan.
Q : Kalau ini siap ngebul sama batre dan liquid total jadi berapa ya?
A : Pertanyaan ini paling ga bisa dijawab, karena harga batre dan liquid sangat variatif, belum lagi ketersediaan stock kita. Ada baiknya pilih jenis baterai dan liquid dulu sebelum menanyakan pertanyaan ini. Range harga baterai antara 90rb – 130rb, liquid antara 100rb – 280rb. Kayanya juragan sekalian sebagai smart buyer bakal udah bisa ngitung sendiri.

Q : Ini uapnya banyak ga?
A : Banyak atau tidaknya uap bukan tergantung berapa banyak uang yang kalian keluarkan, namun tergantung banyak sekali faktor, salah satunya adalah coil yang digunakan. Intinya, uap sangat tergantung pengetahuan kalian tentang vaporizer. Percuma membeli DNA200 yan memiliki kekuatan maksimal 200W namun tidak dapat membuat coil sendiri sehingga menggunakan coil pabrikan dengan ohm 0,5.

Q : Device buat pemula yang bagus apa ya?
A : Yang perlu diperhatikan oleh pemula adalah atomizernya. Apabila tidak mau ribet, pilih atomizer yang non-rebuildable yang tidak memerlukan penggantian kapas / kawat sendiri. Hindari melihat-lihat yang ada tulisan RDA / RTA. Untuk mempermudah, silahkan masuk ke kategori Starter Kit.
Q : Device yang recommended apa ya?
A : Semua barang yang kita jual sangat recommended, tinggal disesuaikan dengan budget dan selera masing-masing.

Q : Liquid yang recommended apa ya?
A : Liquid adalah bagian yang paling subjektif dari Personal Vaporizer. Setiap orang memiliki selera masing-masing. Tim kami akan mencoba sebisa mungkin untuk merekomendasikan, tapi tetap pada akhirnya lidah kalian yang menentukan. Silahkan sesuaikan dengan budget dan selera masing-masing.

Q : Perawatannya susah ga?


A : Perawatan untuk Vaporizer adalah coil. Apabila kalian ingin gampang, maka pilih atomizer jenis non-rebuildable, jadi tinggal beli coil saja di vape store, tidak perlu lilit kawat dan ganti kapas.

Q : Perawatannya mahal ga?
A : Apabila kalian ingin perawatan murah, beli atomizer rebuildable sehingga kalian tidak perlu membeli coil secara rutin. Namun, kalian harus menyisihkan waktu untuk belajar membuat coil sendiri secara rutin.

Q : Biaya rutin nya berapa ya?
A : Biaya yang perlu rutin dikeluarkan adalah untuk coil dan liquid. Biaya yang diperlukan untuk perawatan sangat variatif, tergantung kepada berapa seringnya pemakaian.

Q : Coil / Liquid biasanya kuat berapa lama?
A : Sangat tergantung pemakaian, antara 3 – 20 hari. Namun mayoritas konsumen kami berada di sekitar 7-14 hari.
FREQUENTLY ASKED QUESTION ABOUT VAPOR FREQUENTLY ASKED QUESTION ABOUT VAPOR Reviewed by Unknown on 10.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.